Manfaat Penting Brokoli Sebagai Makanan Rendah Kalori Bagi Tubuh

0

Semakin banyaknya jenis penyakit kronis saat ini yang sangat rentan terjangkit oleh siapapun menjadikan diri ini harus lebih pandai menjaga dan menerapkan pola hidup sehat dengan cara menkonsumsi makanan yang mengandung kandungan nutrisi serta gizi yang seimbang. Salah satu jenis atau bahan makanan yang sebaiknya wajib kita perhatikan penkonsumsiannya ialah makanan rendah kalori yang tidak banyak mengandung lemak dimana hal tersebut memiliki efek kurang baik untuk kesehatan tubuh.

Banyak sekali jenis makanan rendah kalori yang dapat dikonsumsi sebagai makanan menyehatkan agar kita terhindar dari berbagai kemungkinan penyakit yang datang menyerang. Dua diantaranya adalah brokoli dan kembang kol yang dianggap memiliki kadar protein rendah dibalik kandungan gizi lainnya yang tersimpan pada dua jenis bahan makanan tersebut. Brokoli serta kembang kol sama-sama dua jenis makanan yang mudah untuk diolah menjadi masakan yang lezat dan menyehatkan dimana kandungan gizinya dapat menjadi penangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan bersifat sangat merugikan.

 

Banyak lagi khasiat dari kembang kol dan brokoli bagi tubuh tersebut, diantaranya seperti :

 

  1.    Mencegah penyakit sekaligus menyehatkan jantung

 

Gemar mengkonsumsi brokoli serta kembang kol membawa nilai manfaat yaitu dapat mencegah penyakit sekaligus menyehatkan organ jantung. Hal tersebut karena pada brokoli dan kembang kol terdapat suatu senyawa penting bernama glucoraphanin dimana senyawa ini dapat mencegah terjadinya resiko penyakit jantung sekaligus menyehatkan alat pemompa darah tersebut.

 

  1.    Mencegah gangguan pencernaan

 

Sering mengkonsumsi brokoli serta kembang kol akan sangat efeknya terhadap kesehatan pencernaan berkat kandungan serat tinggi serta antioksidan yang terdapat pada dua jenis bahan makanan tersebut.

 

  1.    Menjaga kesehatan tulang

 

Brokoli dan kembang kol juga jenis bahan makanan yang kaya akan kandungan kalsium, vitamin C serta vitamin K yang berperan dalam menunjang kesehatan tulang. Vitamin C penting dalam produksi kolagen yang memiliki pengaruh besar dalam mencegah serta melindungi sendi maupun tulang dari kerusakan. Vitamin K nya berperan dalam mencegah tulang dari serangan osteoporosis dan hilangnya massa tulang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.